Copyright © 2020-2021 Qbadindo.com - Referensi Informasi Masa Kini.

Hai, apa yang ingin kamu cari?

Khazanah Islam

Tokoh-Tokoh Besar BerhaploGroup Y-DNA G2 Selain Ba Alawi Yaman Dalam Sejarah ?

(Lanjutan dari tulisan :
Gagalnya Klaim Nasab Habib Ba’alawi Yaman Sebagai Dzurriyah Nabi Muhammad SAW)

Oleh : KRT. Faqih Wirahadiningrat

(Pemerhati budaya, sejarah & genetika)

Setelah di dalam tulisan sebelumnya saya menulis kajian singkat tentang ulasan genetika Habib BA ‘ALAWI YAMAN, dimana – Bukan saja gagal di dalam klaimnya sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW dimana ciri keturunan nabi adalah Haplogroup Y-DNA J1 sebagai ciri keturunan Ibrahim, Ismail, Qurays, Bani Hasyim, hingga Ali suami dari Fatimah binti Muhammad, – Malah juga Ba Alawi gagal di dalam klaim sebagai Bangsa Arab, karena Haplogroup Y-DNA Arabian secara umum adalah J untuk yang tinggal di Jazirah Arab & E untuk yang tinggal di Afrika Utara (Arab suku Ber-Ber), sementara Ba Alawi berhaploGroup G.
(Lihat hasil test DNA Najwa Shihab, dimana gen arabnya cuma sekitar 3%. (https://historia.id/historiografis/articles/mengenal-najwa-lewat-tes-dna-DnoW2/page/1)
(Berdasarkan pula hasil test DNA yang open posting di FamilyTreeDNA) artinya garis laki2 para habib Ba Alawiternyata berasal dari Kaukasia, bukan orang Arab.

Sekarang marilah kita ulas apa itu Y-DNA G dan tokoh-tokoh besarnya dalam sejarah.

Haplogroup G (atau M201) adalah haplogroup kromosom Y manusia. Ini adalah salah satu dari dua cabang induk haplogroup GHIJK , yang lainnya adalah HIJK. (https://www.researchgate.net/figure/Simplified-Y-DNA-haplogroup-tree_fig1_320552611).

G-M201 paling sering ditemukan di antara berbagai kelompok etnis di Kaukasus, tetapi juga tersebar luas dengan frekuensi rendah di antara kelompok etnis di seluruh Eropa, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Afrika Utara.

Subclade yang paling sering muncul adalah G1 (M285) dan G2 (P287), dengan banyak percabangan di bawahnya.

Berbicara Ba’alawi tentunya kita ingin tahu urutan dari kode G-Y94775 (sampel Shihab, https://www.familytreedna.com/public/baalawi?iframe=yresults) dari indukan mana, baiklah secara ringkas bisa dirunut sbb :
Y94775 keturunan mutasi dari PF3296, lalu seterusnya dari PF3293, M406/PF3285, L30/3267, hingga M201.
(silahkan tracking di https://www.genetichomeland.com/welcome/dnamarkerindex.asp).
Dari Ba’alawi sampel Jamal Al Layl (kit number 198266) juga ditemukan kode P303, selain kode L14 & L177 (https://www.familytreedna.com/public/baalawi?iframe=ysnp, hal.2).

Baiklah nanti kita bedah & ulas, siapa manusia-manusia hebat dalam sejarah yang memiliki kode2 diatas : G-M201, G-M406, PF3296, dan P303.

OTZI, SANG PEMBANTAI (G-M201)

Ötzi , juga disebut Manusia Es , adalah mumi alami dari seorang pria yang hidup antara tahun 3350 dan 3105 SM, ditemukan pada bulan September 1991 di Ötztal Alps (maka julukan “Ötzi”) di perbatasan antara Austria dan Italia (Pegunungan Alpen).
Dia adalah mumi manusia tertua yang diketahui di Eropa, menawarkan pemandangan Chalcolithic (Copper Age) Eropa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tubuh dan barang-barangnya dipajang di Museum Arkeologi South Tyrol di Bolzano, South Tyrol, Italia.
(https://en.m.wikipedia.org/wiki/%C3%96tzi)

Sesuai dari analisis & rekontruksi dari sebuah tim yang dikepalai Konrad Spindler dari Universitas Innsbruck baik uji forensik & DNA, tentang Otzi bisa dilihat pada film OTZI, The Iceman.
Dalam film itu secara garis besar bisa diceritakan bahwa Otzi mengalami pembantaian di sukunya. Dia lalu melakukan pembalasan dendam dengan membantai pelakunya (ditemukan setidaknya banyak bercak darah berbeda di senjata & pakaian yang dipakainya).

Otzi seorang petarung berbahaya, terbukti membunuhnya harus dengan panah ketika dalam keadaan habis makan. Analisis Forensik, luka2 Otzi karena dipanah, kehabisan darah dengan kondisi perut penuh makanan.

Otzi bertatto setipe dengan tatto Mesir Kuno yang sezaman dengannya. Terkenal dengan Kutukan Otzi, dimana berkisar pada kematian beberapa orang yang terkait dengan penemuan, pemulihan, dan pemeriksaan Ötzi selanjutnya. Diduga mereka telah meninggal secara misterius. Orang-orang ini termasuk rekan penemu Helmut Simon dan Konrad Spindler, pemeriksa mumi pertama di Austria pada tahun 1991, total sekitar 7 orang.

YUYA, Wazir Agung & Mertua Fir’aun Amenhotep (G-M201 / G2a)

Yuya hidup sekitar 1390 SM, gelarnya Father of God atau Bapak dari Tuhan, mungkin merujuk secara khusus pada keberadaannya sebagai ayah mertua Amenhotep III (berjuluk The God atau Tuhan).
Kemungkinan di era inilah untuk pertama kalinya Fir’aun (Raja Mesir Kuno), menggelar dirinya dengan Tuhan. Dan Yuya menjadi penyokong & penguat dari Fir’aun itu sendiri.

Dia menikah dengan Wanita Bangsawan Mesir bernama Thuya, dan memiliki Putri bernama Tiye yang menjadi istri FIR’AUN AMENHOTEP III.
Selain itu Yuya juga punya putra bernama ANEM, yang juga berjuluk Father of God (https://en.m.wikipedia.org/wiki/Yuya).

Dari hasil analisis DNA ditemukan hal yang mengejutkan, bahwa keluarga Fir’aun yang biasanya berhaplogoup E, namun ditemukan Mummy di tempat yang sangat dihormati dengan haplogroup G2a.
Kemungkinan Yuya adalah budak atau imigran dimana dengan kehebatannya mampu naik kelas menjadi seorang yang bergelar Father of God, dan gelar ini bisa dikatakan sangat strategis, dalam analisa tata pemerintahan, kalo Rajanya bergelar TUHAN, maka Wazir Agung atau pemimpin keagamaanlah yang berhak dengan julukan Bapaknya Tuhan (Wazir Agung).

Putra lainnya dari Yuya, bernama AY, dia juga sebagai Wazir Agung dan berjuluk Father of God pula. Dikisahkan AY ini seorang yang jahat, tidak cukup menjadi Wazir Agung, dia juga meracuni Fir’aun Tutankhamun, lalu mengawini permaisurinya (Akhesenamun) dan bertahta selama 4 tahun, hingga akhirnya Panglima Horemheb menuntut balas & menggulingkannya.
Namun putri dari AY & cucu YUYA bernama Nefetiti, kelak akan menjadi selir kesayangan dari Fir’aun Akhenaten (Amenhotep IV), digambarkan sebagai perempuan tercantik di era Mesir Kuno.

Dari Pernikahan Akhenaten & Nefertiti inilah akan lahir Fir’aun Tutankhamun, yg nanti dikudeta dengan diracun oleh kakeknya sendiri yaitu AY, dan merebut istrinya untuk dikawini (https://en.m.wikipedia.org/wiki/Nefertiti).
Luar biasa, kakek yang jahat & ambisius !!!

KING RICHARD (The Lion Heart, Haplogroup G-M406/G2a)

Raja Richard terkenal sebagai pemimpin & pengobar Perang Salib III.
Dia putra Raja Henry II & Putri Eleanor dari Perancis.
Meskipun Haplogroup yang berkembang di Inggris Raya adalah I & R, namun King Richard adalah G2a (G-M406). (https://en-m-wikipedia-org.translate.goog/wiki/Genetic_history_of_the_British_Isles?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc,sc).

Diangkat oleh Sineas Hollywood dalam film Kingdom of Heaven, Salahudin Al Ayyubi (Saladin), pemimpin besar pasukan Muslim dalam Perang Salib II, beliau dipuji oleh sejarawan barat, karena dalam setiap penaklukannya tidak pernah membantai perempuan & anak-anak, sesuatu yang sangat dilarang oleh Nabi SAW dalam aturan perang.

Sementara dalam penaklukan Jerusalem sebelumnya, Pasukan Salib melakukan pembantaian tersebut kepada kaum Muslimin & termasuk kepada Yahudi sebagai kaum minoritas.
Setelah penaklukan Jerusalem tersebut, Saladin memimpin dengan damai, termasuk menegakkan kembali salib tempat Yesus menghembuskan nafas terakhirnya (versi Kristiani), dan membebaskan Tembok Ratapan difungsikan kembali bagi kaum Yahudi.
Pendek kata, perdamaian & toleransi dijaga & dihormati.

Namun kedamaian tersebut musnah, manakala Richard dari Inggris ini melakukan kampanye Perang Salib III, dia melakukan provokasi & mengirim utusan ke seluruh penjuru Eropa & dunia Kristen untuk mengobarkan api kebencian yang telah padam dan dibuktikan oleh terciptanya kerukunan & toleransi yang indah di Yerusalem.

Richard I (8 September 1157 – 6 April 1199), adalah Raja Inggris yang memerintah hanya selama 10 tahun, dari 1189 sampai kematiannya pada tahun 1199.

Namun dalam 10 tahun itu penuh dengan pertumpahan darah, tidak saja dia naik tahta dengan menggulingkan ayahnya sendiri, HENRI II, juga kampanyenya dalam Perang Salib III, menimbulkan luka yang dalam diantara kedua agama setelah Tinta Emas ditorehkan Salahuddin Al Ayyubi dengan penaklukan damainya.

Hingga hari ini, sisa-sisa dari dendam lama itu kadang masih menjadi hantu & traumatik bagi kedua agama besar di dunia ini.

Sejarawan kontemporer Ralph de Diceto menelusuri garis keturunan keluarganya melalui Matilda dari Skotlandia ke raja- raja Inggris Anglo-Saxon dan Alfred the Great, dan dari sana legenda menghubungkan mereka dengan Nuh dan Woden.

Menurut tradisi keluarga Angevin, bahkan ada ‘darah neraka’ dalam nenek moyang mereka, dengan keturunan diklaim dari peri, atau setan perempuan, Melusine (https://en.m.wikipedia.org/wiki/Richard_I_of_England).

Pada November 1191 hampir saja Pasukan Richard yang memperoleh banyak kemenangan sebelumnya sudah 12 mil dari Yerusalem, dan kemenangan sudah di depan mata. Namun tiba-tiba cuaca memburuk, angin dingin, hujan deras & salju menghantam pasukannya, sehingga terpaksa harus mundur.

Kekalahan tersebut menjadi titik-balik dari kejayaan Richard hingga singkatnya dia sempat ditawan oleh musuh internalnya di Eropa, hingga kematiannya akibat dipanah. Legenda mengatakan : Seekor Singa yang dibunuh oleh semut !

JOSEPH STALIN (G-M406)

Sebagaimana Bapak Komunisme Karl Marx seorang Yahudi Askhenazi Jerman, maka Revolusi Boshevik di Rusia juga digerakkan oleh 3 serangkai Yahudi, dimana mampu mengakhiri era Tsar Rusia.

Setelah berkuasa selama 3 abad (1613-1917), Dinasti Romanov atau Tsar Rusia harus runtuh dengan tragis dimana seluruh anggota keluarganya dibantai di era awalnya kemenangan Komunis Rusia. Tiga serangkai Yahudi itu adalah : Vladimir Ilyich Lenin, Trotsky dan Stalin.

Dari Trio Yahudi pendiri Uni Soviet, Stalin adalah yang paling muda (1978-1953), dimana Lenin adalah sebagai pemimpin & Trotsky sebagai deputinya, Stalin adalah murid yang paling bisa diandalkan kecakapannya.
Lahir dari keluarga miskin keturunan Georgia (Negara Pecahan Soviet di Kaukasus), dia merintis karir sebagai penyunting koran partai Bolshevik, Pravda. Selain itu dia juga menghimpun dana bagi faksi Bolshevik pimpinan Vladimir Lenin dengan cara merampok, melakukan penculikan, dan menjual jasa keamanan. Ia berulang kali ditahan, dan beberapa kali harus menjalani hukuman pengasingan di dalam negeri.

Pasca Revolusi tahun 1917, dan kematian misterius Lenin 1922, diusia yang masih sangat muda, maka penggantinya adalah tentu saja yang tersisa dari trio tersebut : Leon Trotsky & Josef Stalin.
Awalnya Trotsky lebih kuat posisinya, namun manuver-manuver licik dari Stalin, menjadikan dirinyalah naik ke tampuk pemerintahan, menjadi pemimpin tunggal, absolut, sebagai Sekjen Partai Komunis Soviet.

Sejarah mencatat bagaimana untuk memperkuat posisinya, Stalin membantai jutaan nyawa pengikut setia dari Lenin, gurunya sendiri (https://m.tribunnews.com/internasional/2019/08/10/pembantaian-massal-stalin-12-juta-warga-uni-soviet-pengikut-lenin-tewas-dibunuh). Sungguh murid yang Budiman & Terpuji, bagi penganut faham Machiavelis sejati.

Di era Stalin inilah terjadi bencana kelaparan dahsyat era1932-1933, peristiwa Holodomor dengan korban jiwa 7 juta nyawa (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Holodomor).

Dan pembantaian-pembantaian lainnya demi mewujudkan ide & gagasannya
‘Ekonomi Terpimpin’ yang represif diktatorial, menggantikan kebijakan partai Marxisme-Leninisme ‘Sosialisme dalam Satu Negara’.

Singkat kata, Stalin adalah Bapak & Pemimpin Uni Soviet itu sendiri, sebuah Setan Besar Komunisme dengan paham diktator totalitarianisme, yang tidak saja menjadi bencana di dalam negerinya, namun juga mengekspor faham tersebut ke banyak negara.

Dalam Perang Dunia II, awalnya dia membuat perjanjian dengan Hitler untuk tidak saling menyerang, namun kedua Yahudi garis ibu ini (maternity), kemudian saling mengingkari kesepakatan (Hitler merasa terprovokasi, dan Stalin merasa dikhianati). Perang besar pun merembet ke arah timur. Dan inilah awal titik balik kekalahan Jerman. Dimana Amerika yang sibuk dengan Jepang di Asia-Pasifik. Serta negara-negara Eropa Barat yang seolah menunggu hari akan jatuh ke Jerman satu demi satu.

Namun dengan terbaginya fokus ke timur yang dingin & beku, maka Jerman pun perlahan kalah hingga tank-tank Pasukan Merah Soviet membanjiri Berlin, dan Jerman pun menyerah tanpa syarat pada 8 Mei 1945.
Perang ini memakan korban sekitar 70 juta manusia.

AL CAPONE (G-P303)

Alphonse Gabriel Capone, atau Al Capone (1899-1947), adalah keturunan Yahudi putra imigran dari Sisilia Itali.
Dia membentuk organisasi kejahatan Chicago Outfit yang terkenal dengan sebutan MAFIA. Begitu banyak film baik dokumenter ataupun fiksi ilmiah mengupas tentang dirinya.
Seperti film Scarface (muka codet), Godfather (Tuhan Bapak), The Untoucheables (yang taktersentuh), ataupun yang terbaru Capone (2020).

Dia adalah standard bagi penjahat yang ingin membangun organisasi yang modern, dan juga obyek studi bagi seluruh kepolisian di seluruh dunia. Dia seorang legenda, penjahat kelas kakap, pemimpin yang cakap, sistematis, kejam, sekaligus licik & curang.
Sejak kecil bakatnya menjadi penjahat telah melekat, selain suka tawuran (umur 12 tahun sudah bertinggi 182 cm), dia mendirikan genk Brooklyn Rippers (memalak anak-anak sesama tukang semir sepatu), hingga nanti karirnya berkembang bersama sahabat sejatinya seorang imigran Yahudi Itali, Frank Nitto (https://tirto.id/bagaimana-al-capone-jadi-mafia-besar-menghabiskan-karier-di-bui-euJp?page=all#secondpage).

Pembantaian demi pembantaian, dan korporasi kejahatan meliputi Narkoba, Prostitusi, Judi serta Traficking menjadikan dia bergelimang harta, sehingga julukan Untoucheables melekat padanya, dimana dia mampu menyuap birokrasi kepolisian & peradilan, agar dia selalu terbebas dari hukuman berat. Pendeknya, aparat yang mau dirangkul akan bebas dari melarat, dan yang melawan akan disikat.

Peristiwa yang terkenal adalah Pembantaian Valentine, tanggal 14 Pebruari 1929.
Hingga menjadikannya sebagai “Musuh Publik Nomer 1”.

Selain Frank Nitto, ada nama Meyer Lansky, mafia keturunan Yahudi yang menjadi Konsultan Keuangannya, hingga dijuluki The Mob’s Accountant (https://azamul.wordpress.com/2007/06/14/sejarah-money-laundering/).

Dengan lobby Yahudinya yang terkenal, Meyer Lansky memperkenalkan Al Capone dengan Presiden Hoover yang terkenal dengan kebijakan ekonominya yang buruk sehingga Amerika jatuh dalam resesi, ya pantas saja orang bersahabat dengan penjahat & parasit (https://www.kompasiana.com/lamhotsitumorang/60545cedd541df686d3f6402/mengenal-kepala-mafia-chicago-outfit-yang-meninggal-di-penjara-alcatraz?page=3&page_images=1).

Namun tiada gading yang tak retak, dan tidak kejahatan yang sempurna, demikian kata Bapak Ilmu Forensik Modern Edmond Locard. Demikianlah Al Capone, the Untoucheables ini akhirnya ditemukan celahnya oleh seorang Polisi Legendaris Amerika, Elliot Ness, yang mencurahkan hampir seluruh karir kepolisiannya untuk membongkar kejahatan dari The Godfather ini.

Walaupun seluruh juri telah disuap, namun dalam pengadilan terakhirnya lalai menyuap Hakim yang akhirnya mengganti seluruh juri di saat menjelang dimulainya pengadilan.

Akhirnya si Muka Codet pun harus mengakhiri hari-harinya di Penjara Alcatraz dalam kondisi terjangkit penyakit Raja Singa/Gonorea.

Begitulah kisah Al Capone, seorang imigran Sisilia keturunan Yahudi yang berkode Y-DNA G-P303.

Sementara manusia-manusia lainnya dari Y-DNA berkode G-PF3296 sebagaimana hasil test kode BA’ALAWI bisa dilihat pada situs DNA Yahudi internasional JEWISHDNA.NET, dimana salah satu sampel Jamal Al Layl dari Ba’alawi terdaftar disana (https://jewishdna.net/AB-057-dataFTDNA.html).

Untuk sample yang lain yaitu Al-Saqqaf Ba’alawi ada di tabel 058.
Artinya statemen bahwa genetika Ba’alawi ini adalah Yahudi, justru pengakuan itu sendiri datang dari keluarga besar YAHUDI INTERNASIONAL sendiri.

Ada banyak proyek2 di keluarga besar Yahudi dalam mencari keluarganya yang tercerai berai, salah satunya Project Avotainu, dan hal ini sudah dilakukan di era Daulah Andalusia, manakala Perdana Menteri di abad 10M yang seorang Yahudi Hasdai bin Shaprut, menyurati Raja Khazar yang Yahudi untuk menyambung silaturahmi (https://m.republika.co.id/berita/qim3xr320/suratmenyuratmenteri-umayyah-spanyol-dengan-yahudi-khazar).

Di akhir tulisan ini, melanjutkan himbauan di tulisan sebelumnya, penulis berpesan :
Tidak penting kamu dilahirkan dari ras mana, selama kamu menjadi orang baik maka orang akan mencintai & memuliakanmu.
Dan tidak perlu mengaku-ngaku keturunan dari siapapun, termasuk memaksakan diri jadi keturunan Nabi, karena sesungguhnya anak Ideologis jauh lebih baik dari anak biologis yang tdk mentauladani tokoh mulia tersebut.

Bukankah Rosulullah bersabda : Andai Fatimah binti Muhammad mencuri, maka aku sendiri yang akan memotong tangannya?
Dan bukankah ahlil bait atau juga keluarga Nabi itu mencakup seluruh manusia yang bertaqwa & mengikuti jalannya? (https://islam.nu.or.id/nikah-keluarga/pandangan-ulama-soal-ahlul-bait-keluarga-nabi-muhammad-saw-wXoso).

Marilah kita bersama-sama sebagai sebuah bangsa, bersatu-padu untuk menghimbau, menasehati & bersepakat mengakhiri segala klaim palsu yang mengatasnamakan Nabi kita yang suci & mulia.
Janganlah dikotori dengan klaim sesat, yang berujung pada kooptasi & hegemoni ummat demi penghormatan diri & kelompoknya.

Ketauladanan jauh lebih utama dari pemaksaan dengan klaim sesat & menyesatkan.
Kelak negara harus tegas melakukan sertifikasi siapa Dzurriyah Nabi, tidak bisa dengan klaim sepihak, minimal harus dengan standarisasi :

  1. Diakui oleh negeri asal leluhurnya, diisbat & memiliki Syahadah, pengakuan nasab dari Naqobah Ahlil Bait Internasional.
  2. Dan bila diperlukan, dilakukan uji genetika test DNA bagi mereka yang masih bersikukuh, sementara lemah dalam kajian sejarah, data, kitab, manuskrip, silsilah maupun ditolak oleh Naqobah di Negara asal leluhur2nya.

Nabi adalah simbol suci suatu agama, menodainya adalah juga bagian dari menodai kesucian agama tersebut, dan seharusnya NEGARA TEGAS & HADIR UNTUK MENGAKHIRI KLAIM SESAT TERSEBUT.

Wassalam, Rahayu, Salam Sejahtera Bagi Semuanya !

7 Comments

7 Comments

  1. Hasyim

    20 April 2023 at 02:28

    Halo menarik pembahasannya, dan saya ikuti tautan2 yang Anda share di posting, mohon jelaskan jika Ba’alwiy bukan bangsa Arab

    Lalu mengapa Al-Saqqaff (Ba’alawy, Yaman) memiliki kode Haplogroup yang sama dengan Ashraf, Quraish, Saudi Arabia? Seoerti tertulis di table tautan FamilyTreeDNA.com ini

    Seperti tautan dari Anda https://www.familytreedna.com/public/baalawi?iframe=yresults

    Harap di respon pertanyaan saya, dan tolong dipublikasikan agar saya bisa mengerti keindependenan Anda.

    • Hasyim

      20 April 2023 at 02:31

      Kesamaan kode Haplogroup antara Saqqaff (Ba’alawi, Yemen) dan Ashrof, Quraish, Saudi Arabia adalah G-M201 pa, coba jelaskan

  2. AbuMalik Al Imitasii

    16 Mei 2023 at 02:42

    Bisa saja, ada pada satu generasi mengaku2, sehingga keturunannya mengikuti.

    Saya rasa kajian bahwa nasab Ba’alawi terputus alias tidak valid, perlu didiskusikan dan dicari kebenarannya, jangan sampai berlanjut tanpa kejelasan

  3. Alwy Alaydrouz

    30 Mei 2023 at 03:07

    Ini jawaban untuk fitnah yang mengatakan kalau bani alawy adalah keturunan yahudi hanya karena ada beberapa dari hasil test DNA habaib diakui oleh web JewishDNA sebagai bagian dari keturunan mereka:

    Pertama, Aturan dalam agama yahudi itu menetapkan garis keturunan mereka dari jalur ibu (hanya yahudi modern saja yang menetapkan dari ayah juga). Jadi jika ibu kalian beragama yahudi maka kalian akan dianggap beragama yahudi juga.
    Kedua, jika di dalam silsilah bapak bin bapak kita keatas ada yang pernah menikahi perempuan bani israil (meskipun sudah muslim) maka ada kemungkinan kita akan mewarisi kode genetik bani israil juga (contoh: P303, L14, L177 dst). Jadi bukan suatu yang mengagetkan jika ada ba’alawy (dan banyak orang arab lainnya) yang terdaftar di web jewishDNA, karena mereka menganggap ba’alawy itu berkerabat dengan meraka dari jalur ibu. Apalagi mengingat etnis arab dan yahudi mendiami area yang sama selama berabad2 sebelum adanya negara israel.
    Ketiga, itu sebabnya orang2 yahudi itu memiliki haplogroup(SNP)yang berbeda2 mulai dari J,G,E,H,L dst karena agama yahudi itu diturunkan dari ibu ke anak (matrilineal) sedangkan haplogroup atau kode SNP itu adalah kode utama yang ada dalam DNA yang hanya diturunkan dari ayah (parilineal).

    Contoh yang simpel2 aja musisi Ahmad Dhani, dia mengakui berdarah bani israil yang diturunkan dari neneknya.

  4. Bin Ali

    1 Juni 2023 at 11:14

    Penulis ini kutipannya satupun tidak ada jurnal saintifik ilmiah, semua dari website populer, aneh dengan modal ini begitu percaya dirinya mengaduk-aduk sejarah. Bahkan keliatan sekali tidak punya background akademik karena sekali mengutip tulisan jurnal justru yg disebut adalah Research Gate, bukan merujuk langsung ke jurnal terkait. Saya rasa tidak ada gunanya menyanggah cerita yg basisnya non saintifik seperti ini.

  5. Indra

    4 September 2023 at 10:09

    Pada dasarnya bukankah Nabi Ibrahim berasal dari Persia? Dan bapak semua bangsa adalah Nabi Ibrahim?

  6. Firman Alamsyah

    9 September 2023 at 17:05

    Penulisnya adalah Faqih Wirahadiningrat yang memang benci sama BaAlawi dan mengaku keturunan Walisongo, dia banyak fitnah BaAlawi, salah satu fitnahnya dia mengatakan bahwa imigran Yaman termasuk BaAlawi didatangkan Belanda untuk melawan perlawan rakyat Indonesia. Seharusnya si Faqih raja fitnah ini dilaporakn karena sudah menyebarkan berita bohong dan pencemaran nama baik seluruh imigran Yaman baik dari kalangan BaAlawi maupun non-BaAlawi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga

Daerah

Banten,Qbadindo.Com– Brigadir Jendral (Brigjen) Polisi Purnawiran (Purn) Dr. Joko Hartanto melakukan silaturohim dan sowan ke tokoh ulama di Banten. Hal itu di ungkapkan Brigjen...